Memasuki minggu ke 4 perkuliahan, akhirnya praktikum Jaringan
Komunikasi (Jarkom) selesai dengan cukup memuaskan. Pada postingan kali ini
saya akan membahas mengenai beberapa hal yang telah saya dapat dari praktikum
tersebut, diantaranya:
1. Tutorial wireshark
2. A pabila Anda menggunakan linux, maka jalankan perintah $sudo apt-get wireshark.
3. Buka aplikasi wireshark, apabila Capture Interaface Anda tidak dapat ditampilkan, maka tutup wireshark dan jalankan perintah $sudo wireshark.
4. Pilih koneksi yang Anda ingin pantau dari daftar Interface yang tersedia.
5. Setelah memilih koneksi mana yang ingin digunakan, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah, dimana masih terdiri dari berbagai macam informasi, bisa paket yang dikirim maupun di terima oleh sistem Anda.
6. Untuk melihat paket secara spesifik, Anda dapat menggunakan filter bermacam-macam, bisa menggunakan kata kunci IP address tertentu, protokol tertentu, dan masih banyak lagi. Macam-macam protokol yang bisa digunakan:
7. Setelah menemukan paket yang Anda cari, Anda dapat menghentikan peng-capture-an wireshark dengan cara menekan tombol (x) seperti pada gambar dibawah:
- FTP: file
transfer protocol, digunakan untuk packet yang protokolnya FTP, biasanya di
FileZilla
- HTTP: hypertext transfer
protocol, digunakan untuk packet yang protokolnya HTTP, biasanya Anda dapat
memantau info-nya, apakah yang dilakukan suatu paket, misal : get, post, dll.
- SMTP: paket yang berhubungan dengan email (bisa menggunakan Thunderbird, Gmail di browser, maupun layanan lainnya), melihat POP3 atau IMAP.
Cara mencari menggunakan filter:
(Dengan mengetik langsung)
(Dengan Analyze -> Display Filter)
2. Tutorial java socket programming
Sebelum memasuki socket
programming, pertama-tama kita harus mengerti dasarnya terlebih dahulu,
kata kuncinya adalah soket, java, dan socket programming. Soket merupakan
titik akhir dari aliran-proses komunikasi antar seluruh jaringan komputer. Java
merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang terstruktur, berbasis objek,
dan berbasis kelas. Socket programming merupakan sebuah program yang
memudahkan pengaturan dan penggunaan soket jaringan. Socket programming ini
menggunakan bahasa pemrograman Java karena Java cenderung lebih mudah dan sudah
terkonsep berbasis kelas dan objek.
Contoh sederhana pemrograman soket adalah sebagai berikut, sebut saja Anda ingin mengirim suatu kata dari client ke server dan kemudian mengirim kata tersebut kembali dari server ke client.
Pipa aliran data input (Input stream)
digunakan untuk mengampung input skaligus menerima pesan dari client.
Contoh sederhana pemrograman soket adalah sebagai berikut, sebut saja Anda ingin mengirim suatu kata dari client ke server dan kemudian mengirim kata tersebut kembali dari server ke client.
Program
pada Server:
Port dibuat dengan tujuan agar
hanya klien dengan port yang sama saja yang dapat mengakses server, socket pada
server di buat sebagai socket utama. Tuliskan kode berikut di fungsi main:
int
port = 1234; // membuat port yang akan
digunakan oleh klien dan server untuk mengirimkan data
ServerSocket server = new
ServerSocket(port); // menginstansiasi
socket
Socket socket = server.accept(); // membuat socket
2. Buat pipa input untuk aliran
data masuk.
ObjectInputStream ois = new ObjectInputStream(socket.getInputStream());
String message = (String)
ois.readObject(); // membaca data yang
dikirimkan oleh client
System.out.println(message) ; //
mencetak data tadi ke halaman server
3. Buat pipa output untuk
aliran data keluar.
Pipa aliran data output (Output stream)
digunakan untuk mengirimkan data dari server ke client.
ObjectOutputStream oos = new
ObjectOutputStream(socket.getOutputStream());
// membuat pipa output
oos.writeObject(message + "
server"); // mengirim data dengan ditambahkan kata server
dibelakangnya
Program
pada Client:
1. Temukan address dari host yang Anda gunakan (localhost) dan buat socket yang ada pada client, samakan port dengan port yang telah dibuat di server.
InetAddress host = InetAddress.getLocalHost(); //menemukan address dari host yang dipakai
Socket socket = new Socket(host.getHostName(), 1234); // membuat socket dengan IP dan port yang dipakai
2. Buat pipa output untuk aliran data keluar.
Pipa aliran data output (Output stream) digunakan untuk mengirimkan data dari server ke client.
ObjectOutputStream oos = new ObjectOutputStream(socket.getOutputStream()); // membuat pipa output
Scanner sc = new Scanner(System.in); // memindai inputan dari client
String inp = sc.next(); // menyimpan hasil string yg dibaca hasil inputan tadi
oos.writeObject(inp); // mengirimkan inputan tadi ke server
3. Buat pipa input untuk aliran data masuk.
ObjectInputStream ois = new ObjectInputStream(socket.getInputStream());
String message = (String) ois.readObject(); // membaca data yang dikirimkan oleh server
System.out.println(message) ; // mencetak data tadi ke halaman client
3. Tutorial filezilla
1. Download filezilla dari http://filezilla-project.org/ pilih filezilla-client dan jalankan aplikasi hasil dowload Anda.
2. Apabila Anda menggunakan linux, maka jalankan perintah $sudo apt-get wireshark.
3. Setelah selesai, buka aplikasi fileZilla tersebut.
4. Masukkan Host, username, password, dan port yang akan digunakan untuk memantau paket, lalu tekan "Quickconnect".
5. Paket Anda akan langsung dapat terlihat responsenya (umumnya digunakan untuk paket dengan protokol FTP).
6. Untuk keuar dari FileZilla, pilih File -> Disconect, kemudian File -> Exit.
4. Review materi-materi asistensi
(Penggunaan wireshark, FTP, Mail Server, dll)
Asistensi modul 1 ini dibagi menjadi 3 bagian, pertama
pengenalan terhadap wireshark, filezilla, dan File Transfer Protocol (FTP); kedua merupakan
pengenalan terhadap socket programming; dan yang ketiga adalah crimmping, namun karena satu
dan lain hal bagian ketiga ini masih belum bisa diadakan.
Asistensi pertama mengenai pengenalan wireshark, dimana telah
dijelaskan pada poin satu, disini kami memantau aliran data dari Hypertext
Transfer Protocol (HTTP),
dimana terdapat dua macam perintah yaitu GET dan POST. Metode GET digunakan untuk mengambil data,
sementara metode POST digunakan untuk mengirimkan data. POST bisa Anda temukan apabila Anda
mengunduh atau memposting sesuatu ke internet. GET bisa Anda temukan ketika Anda meminta
data dari server, contohnya membuka halaman di web browser atau mendownload
sesuatu.
No comments:
Post a Comment